part of speech
|
function or "job"
|
example words
|
example sentences
|
action or state
|
(to) be, have, do, like, work, sing, can, must
|
EnglishClub.com is a web site. I like
EnglishClub.com.
|
|
thing or person
|
pen, dog, work, music, town, London, teacher, John
|
This is my dog. He lives in my house. We
live in London.
|
|
describes a noun
|
a/an, the, 69, some, good, big, red, well, interesting
|
My dog is big. I like big dogs.
|
|
describes a verb, adjective or adverb
|
quickly, silently, well, badly, very, really
|
My dog eats quickly. When he is very hungry,
he eats really quickly.
|
|
replaces a noun
|
I, you, he, she, some
|
Tara is Indian. She is beautiful.
|
|
links a noun to another word
|
to, at, after, on, but
|
We went to school on Monday.
|
|
joins clauses or sentences or words
|
and, but, when
|
I like dogs and I like cats. I like cats and
dogs. I like dogs but I don't like cats.
|
|
short exclamation, sometimes inserted into a sentence
|
oh!, ouch!, hi!, well
|
Ouch! That hurts! Hi! How are you? Well,
I don't know.
|
Minggu, 16 Juni 2013
Table Parts of Speech
Rabu, 12 Juni 2013
BAHAN UKA/UKG
KATA KERJA OPERASIONAL UNTUK MERUMUSKAN INDIKATOR KOMPETENSI
DI RPP
NO
|
ASPEK
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
1
|
Kognitif
|
Knowledge (Pengetahuan)
|
Menyebutkan, menuliskan,
menyatakan, mengurutkan mengidentifikasi, mendefinisikan, mencocokkan,
memberi nama, memberi label, dan melukiskan.
|
Comprehension (Pemahaman)
|
Menerjemahkan,
mengubah, menggeneralisasi, menguraikan, menuliskan kembali, merangkum,
membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat, dan
menjelaskan.
|
||
Application (Penerapan)
|
Mengoperasikan,
menghasilkan, mengubah, mengatasi, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan,
dan menghitung.
|
||
Analysis (Analisis)
|
Menguraikan,
membagi-bagi, memilih, dan membedakan.
|
||
Synthesis (Sintesis)
|
Merancang,
merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, dan merencanakan.
|
||
Evaluation (Evaluasi)
|
Mengkritisi,
menafsirkan, mengadili, dan memberikan evaluasi.
|
||
2
|
Afektif
|
Receiving (Penerimaan)
|
Mempercayai,
memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan.
|
Responding (Menanggapi)
|
Konfirmasi,
menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilkan.
|
||
Valuing (Penanaman nilai)
|
Menginisiasi,
mengundang, melibatkan, mengusulkan, dan melakukan.
|
||
Organization (Pengorganisasian)
|
Memverifikasi,
menyusun, menyatakan, menghubungkan, dan mempengaruhi.
|
||
Characterization (Karakterisasi)
|
Menggunakan
nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah
diyakini
|
||
3
|
Psychomotor
(gerak jiwa)
|
Observing (Pengamatan)
|
Mengamati
proses, memberi perhatian pada tahap-tahap sebuah perbuatan, memberi
perhatian pada sebuah artikulasi
|
Imitation (Peniruan)
|
Melatih,
mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali sebuah struktur, dan
menggunakan sebuah model.
|
||
Practicing (Pembiasaan)
|
Membiasakan
perilaku yang sudah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten.
|
||
Adapting (Penyesuaian)
|
Menyesuaikan
model, mengembangkan model, dan menerapkan model.
|
Langganan:
Postingan (Atom)